Service Computer / Laptop / Netbook / Network / Printer. TEKHNISI Siap ONSITE Dan Kerjakan Ditempat / Jemput Antar. Privacy Anda 100% Dijamin Aman.

LANGKAH-LANGKAH CARA MERAKIT KOMPUTER YANG AMAN

Masih Tentang Seputaran Komputer, Disini Kita Akan Coba Bahas Cara-cara Atau Langkah-

Langkah Yang Aman Dalam Perakitan Sebuah Komputer. Dimana Pada Postingan Sebelumnya Kita

Sudah Membahas Merakit Komputer Dan Sparepart Apa Saja Yang Dibutuhkan. Nah Disini Kita

Akan Melanjutkan Ke Tahap Cara Pemasangan Dari Setiap Sparepart Komputer Tersebut.

Langkah-Langkah Awal Untuk Pemula Agar TIDAK BERASAP



WARNING. Setiap Kali Anda Mencopot Atau Memasang Sparepart, Pastikan Dulu Kabel PSU Yang Ke Listriknya Anda Cabut Dulu. Karna Apabila Terjadi Kesalahan Saat Pasang Tidak Terjadi Korsleting. Karna Kami Tidak Bertanggung Jawab Untuk Itu.
  1. Tahap Pertama Yang Harus Kita Lakukan Adalah, Pengecekan Pada Power Supplay Yang Telah Kita Pilih. Walalupun Kita Belinya Dengan Kondisi Baru Sekalipun, Kita Harus Tetap Melakukan Pengetesan Terlebih Dahulu, Hidup Atau Tidaknya Sebuah Power Supplay. Akan Lebih Aman Lagi Jikalau Kita Bisa Membeli Sebuah Alat Tester Power Supplay, Tapi Ane Rasa Tak Perlu Kalau Hanya Untuk Pribadi. Disini Kita Akan Bahas Cara Manual Saja Untuk Memastikan Hidup Atau Tidaknya Power Supplay Tersebut. Pertama-tama Sudah Pasti Kita Harus Menghubungkan PSU Tersebut Ke  Sumber Listriknya, Kedua. Di Psu Tersebut Ada 1 Kabel Yang Ujung Kabelnya terlihat Banyak Pin-pin atau Lobang-lobang Kecil, Dibeberapa Power Supplay Pin Tersebut Ada Yang Berjumlah 20 pin Dan Ada Yang 24Pin. Diantara Sekian Banyak Pin Tersebut Ada 1 Warna Yang Berbeda Sendiri, Biasanya Kabel tersebut Berwarna Hijau Tidak Menutup Kemungkinan Jika Warnanya Bukan Hijau. Mari Lihat Pada Gambar Dibawah
    LANGKAH-LANGKAH CARA MERAKIT KOMPUTER YANG AMAN
    Kabel Utama PSU
    Kabel Hijau Tersebut Akan Selalu Berada Disamping Kanan Pin Penjepit. Dan Untuk Memastikan Hidup Atau Tidaknya Hidupnya PSU Tersebut,  Adalah Dengan Cara Menghubung Kabel Hijau Tersebut Dengan Kabel Hitam Yang Ada Disebelahnya. Hitam Terserah Saja. Yang Penting Hitam(kiri,Kanan,Depan Dan Belakang). Dengan Kita Menghubungkan Kedua Kabel Tersebut, PSU Tersebut Akan Menampakkan Dirinya Haha... Hidup Atau Tidaknya. PSU Tersebut. 
  2. Tahap Kedua. Pemasangan CPU / Processor (JANGAN SALAH KAPRAH) Kedalam Motherboad. Pada Saat Pemasangan CPU, Ada Hal Yang Benar-Benar Harus Anda Perhatikan. Pada Setiap CPU Ada 1 Petunjuk Antara Motherboad Dengan CPU Yang Harus Disamakan Posisinya. Lihat Pada Gambar KLIK DISINI. Pada Gambar tersebut Anda Akan Melihat Pasangannya. Dan Pasanglah Dengan Sangat Hati-hati, Karna Apabila Anda Salah, Akibatnya Bisa Sangat Fatal.....Kalau Masih Salah ANE TIDAK BERTANGGUNG JAWAB. dan Selanjutnya Silahkan Pasangkan HSF nya / Kipas CPU nya.
  3. Tahap Ketiga. Pada Tahap Ketiga Ini Yang Harus Kita Pasangkan Terlebih Dahulu Adalah Pemasangan Antara Power Supplay Dengan Motherboad Yang Sudah Terpasang CPU. Pemasangan Motherboad dan PSU ini Adalah Untuk Memastikan Apakah Motherboad CPU dan PSU Hidup Atau Tidak. Hanya Memastikan Hidup Atau Tidaknya Saja, Belum Bisa Untuk Menampilkan, Karna Masih Ada Di Tahap Berikutnya.Lihat Cara Pemasangannya Pada Gambar. Untuk Pemasangan Pada PSU Yang Memiliki 20Pin Dia Akan Menyisakan 4 Lobang. dan Itu Bukan Suatu Permasalahan Yang Terlalu Serius (Masalah Yang Serius Itu Adalah Jika PSU Anda Abal-abal Atau Bukan Hahaha).
    LANGKAH-LANGKAH CARA MERAKIT KOMPUTER YANG AMAN
    PSU Dengan 24Pin.
    Kabel Yang Akan Dipasangkan Pada Motherboad Ada 2 Bonggol.Yang Pertama Yang 20/24Pin. Dan Yang Kedua Dia Memiliki 4Pin Dan Untuk PSU Yang Recomended Bahkan Juga Tersedia Yabg 8pin Yang Nantinya Bisa Dipisahkan.
    LANGKAH-LANGKAH CARA MERAKIT KOMPUTER YANG AMAN
    Dipasangkan Dengan 20 Pin Dan 4 Pin Terpisah Sendiri
    Dan Biasanya Akan Ada Tulisan Disetiap Ujung Kabel. Setlah Dipasangkan Silahkan Anda Test Hidupkan Dengan Menekan Tombol Power. 
  4. Tahap Keempat. Menghidupkan Dengan Tombol Power, Pertanyaannya. Bagaimana Cara Kita Mengetahui Dimana Posisi Tombol Power Tersebut??.
    LANGKAH-LANGKAH CARA MERAKIT KOMPUTER YANG AMAN
    Posisi Tombol Power
    Mari Lihat Gambar Untuk Membedakan Dimana Posisi Tombol-Tombolnya. Nah Disini Anda Bisa Melihat Perbedaan Antara Panel USB Dan Front Panel Power, DAAAANNN Untuk Menentukan Dimana Tombol Powernya Anda Bisa Lihat. Dia Akan Selalu Berada Disebelah Kanan Jarum Yang Kosong. Biasanya Tidak Akan Jauh Berbeda Dengan Tipe-tipe Lain. Cara Menghidupkannya, Anda Tinggal Menjumper Atau Menghubungkan Jarum 1 (Sesudah Jarum Yang Kosong) Dengan Jarum Nomor 2. Dan Untuk 3-4 Itu Untuk Lampu Power. 6-7 Itu Untuk Tombol Reset Dan Terakhir 8-9 Adalah Untuk Lampu Hdd. Setelah Kita Mengetahui Hidup Atau Tidaknya Motherboad+PSU Dan Processor Tersebut. Kita LANJUT Ke Tahap Berikutnya.
  5. Tahap Kelima. Setelah Kita Mencoba Tester Hidup Atau Tidaknya. Kita Lanjut Untuk Pemasangan RAM / Memory. Nah Disini Kita Akan Mengetest Untuk Tampil Atau Tidak, RAMnya Cocok Atau tidaknya. Kita Mulai Dari Cara Pemasangannya. Dan Apa Saja Yang Perlu Kita Perhatikan. RAM Ada Beberapa Tipe,
    LANGKAH-LANGKAH CARA MERAKIT KOMPUTER YANG AMAN
    Kaki Ram
    RAM Memiliki Ciri Khas, dan Memiliki Lobang Kaki, Atau Jarak.Yang Kedua Kaki Tidak Sama, Apabila Tipe Ram dan Motherboad Sama, Dia Akan Dia Akan Sangat Mudah Dipasangkan. Kalau Tidak Sama Ram nya Tidak Akan Masuk. Dipaksa Bisa Berasap. Setelah Ramnya Cocok. Anda Silahkan Test Kembali Dengan Menghidupkannya. Apabila Semuanya Normal Dan Cocok. Pasti Akan Menampilkan Sesuatu.....
  6. Langkah Selanjutnya Pemasangan Harddisk. Untuk Pemasangan Harddisk Sepertinya Tidaklah terlalu Sulit. Disini Anda Hanya Perlu Memperhatikan Tempat-tempat Untuk Menempatkan Kabelnya Saja.
    LANGKAH-LANGKAH CARA MERAKIT KOMPUTER YANG AMAN
    Kabel Harddisk
    Dan Bisa Jadi Sangat Perlu Anda Perhatikan Agar Tidak JEBOOOOLLLLL.....Perhatikan Saja Antar Ujung Kiri Kanan Kabelnya. 

Untuk Langkah Selanjutnya Anda Tinngal Hidupkan, Masuk Ke Bios. Cek Bios, Apakah Harddisk Sudah Terdeteksi, Jika Sudah, Silahkan Anda Lanjut Untuk INSTAL. Langkah-Langkah Diatas Kita Kerjakan Di Luar Cassing. Untuk Mengurangi Resiko Konslet. 



Hanya Sekedar Berbagi.Jika Ingin Mencoba.
Orang Pintar Dan Orang Bijak Selalu Berkata
"Serahkan Segala Sesuatunya Kepada Ahlinya"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika Ada Link Download Yang Error Silahkan Beritahu Disini